This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 08 Oktober 2011

Keterkaitan Media Massa dengan Budaya, Sehingga Melahirkan Budaya Massa yang Terjadi di dalam Suatu Masyarakat


Komunikasi massa berasal dari istilah bahasa Inggris, mass communication, sebagai kependekan dari mass media communication yang artinya adalah komunikasi yang menggunakan media massa atau komunikasi yang mass mediated. Istilah mass communication atau communications diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa (mass media) sebagai kependekan dari media of mass communication. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama. Berlo (dalam Wiryanto, 2005) mengartikan massa sebagai meliputi semua orang yang menjadi sasaran alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran.       

Komunikasi Massa merupakan suatu proses pembuatan suatu media yang dilakukan oleh suatu kelompok media untuk menyebarkan suatu pesan komunikasi, baik informasi, berita, pesan dan lain-lain. Kelompok media ini yang akan menyerbarluaskan suatu penyampaian pesan informasi, pesan komunikasi yang dapat mempengaruhi dan menjadi cerminan suatu kebudayaan yang terdapat di dalam suatu wilayah, tempat, bahkan di dalam suatu negara, kemudian pesan-pesan informasi dan serta komunikasi tersebut kepada khalayak publik yang mendapatkan informasi dan berita tersebut.

Media Massa tanpa kita sadari terkadang dapat mempengaruhi setiap kehidupan kita sehari-hari, di mana dengan melalui pesan-pesan komunikasi yang disebarkan luaskan secara luas dan besa tersebut dapat membuat dan mempengaruhi khalayak public, baik dalam jangka pendek ataupun panjang. Pengaruh jangka panjang ini seringkali dipersoalkan oleh khalayak public di masyarakat, dikarenakan media massa ini mempunyai kekuatan tertentu yang dapat mempengaruhi budaya khalayak yang menerima pesan tersebut.


Bila ditelusuri lebih lanjut, apa itu budaya massa?

Menurut Bennet dan Tumin, "budaya massa merupakan seperangkat ide bersama dan pola perilaku suatu indivudu yang memintas garis sosio-ekonomi dan pengelompokan sub-kultural dalam suatu masyarakat yang kompleks."

Bila ditelusuri lebih lanjut, budaya massa adalah budaya populer yang dihasilkan oleh sebuah industri produksi massa yang dihasilkan dan dipasarkan untuk mendapatkan sebuah keuntungan pada khalayak konsumen.

Budaya Massa ---> budaya populer yang dihasilkan untuk pasar massal.

Menurut Aliran Frankfurt, "budaya populer adalah budaya massa yang dihasilkan oleh industri budaya untuk ke-stabilitas mau-pun  kesinambungan pihak kapitalisme

Jadi bila disimpulkan dari arti budaya massa ini adalah suatu kebudayaan yang kurang memiliki tantangan dan ransangan akan intelektual, lebih cenderung pada pola perkembangan sebuah fantasi tanpa beban dan pelarian.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More